PENANAMAN KARAKTER DENGAN MENTORING

Oleh : Ustadz. Efendiawan, S.Pd

Budi pekerti merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada para peserta didik. Arus pergeseran budaya masyarakat modern sudah begitu jauh meninggalkan aspek budi pekerti. Anak-anak kehilangan sopan santun kepada orang tua atau orang dewasa,. Bahasanya kasar dan sikapnya kurang menghormati orang lain.

Agama mengajarkan agar orang yang lebih tua menyayangi yang lebih muda dan orang yang lebih muda menghormati orang yang lebih tua. Alangkah indahnya jika ajaran ini bisa kita hadirkan kembali di tengah masyarakat kita. Kemodernan berpadu dengan budi pekerti yang baik akan membawa masyarakat menjadi maju dan berperadaban.

Ketika terjadi penyimpangan perilaku anak usia sekolah pasti yang disalahkan pertama kali adalah sekolah. Peran guru, kurikulum hingga lingkungan sekolah akan ditunjuk dan dipertanyakan kualitasnya. Oleh Karena itu para pengampu pendidikan harus selalu mengevaluasi aktifitasnya apakah sudah memberikan kontribusi optimal pada penanaman budi pekerti peserta didiknya.

Mentoring merupakan salah satu aktivitas pembelajaran non akademik yang bisa diterapkan di sekolah. Bentuk kegiatan mentoring yaitu pendampingan kelompok satu guru atau mentor mendampingi 10 sampai 15 peserta didik. Isi kegiatan berupa penyampaian materi dan diskusi.

Materi yang dipilih sebaiknya memuat penanaman kehidupan religius sebagai materi dasar. Di tambah materi budi pekerti dan mengenali penyimpangan-penyimpangan perilaku pelajar yang harus dihindari seperti merokok, berkelahi, menuman keras, narkoba dan pergaulan bebas.

Tempat dan suasana mentoring perlu dikondisikan sedemikian rupa agar berbeda dengan pelaksanaan belajar harian. Tempatnya bisa menggunakan halaman sekolah, selasar depan kelas, taman sekolah dan sebagainya. Waktu pelaksanaan cukup 30 menit hingga satu jam secara rutin setiap pekannya.

Kegiatan mentoring sudah dilaksanakan di SDIT Baitussalam 2 Cangkringan sejak tahun ajaran 2015/2016 hingga sekarang yang melibatkan guru-guru  dan seluruh peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 07.00-08.00 WIB.

Semoga kegiatan mentoring ini bisa menjadi salah satu solusi bagi terwujudnya generasi penerus yang handal dan berkarakter mulia.